Terdapat tiga jenis TOEFL, yaitu iBT (internet-based test), PBT (paper based
test), dan CBT (computer-based test). Sekarang dengan kemajuan teknologi,
iBTTOEFL bisa dibilang lebih banyak digunakan, walaupun khusus untuk PBT masih
digunakan di beberapa negara. Fungsi dan tingkat kesulitan soalnya bisa dibilang
relatif sama dan standar, walaupun ada beberapa orang yang mengatakan iBT lebih
sukar. Adapun untuk tipe-tipe soalnya agak berbeda. Berikut penjelasan
singkatnya.
Internet-based Test
Di akhir tahun 2005, Internet-Based Test (iBT) telah menggantikan posisi
adanya tes TOEFL berbasis komputer atau Computer-based Test (CBT) dan
Paper-Based Test (PBT). Pertama kali iBT dikenalkan di negara Amerika Serikat,
Kanada, Prancis, Jerman, dan Italia pada tahun 2005 dan disebarluaskan di
negara-negara lain pada tahun 2006. Sedangkan, CBT dihentikan pada September
tahun 2006 karena dianggap tidak valid lagi.
iBT terdiri atas empat sesi
yang masing-masing sesi bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar berbahasa dan
fokus terhadap penggunaan bahasa pada bidang akademi serta lingkungan pendidikan
yang lebih tinggi. Adapun keempat sesi tersebut antara lain reading, listening,
speaking, dan writing. Perbedaan utama dengan PBT adalah tidak diujikannya tes
kemampuan gramatikal, atau yang disebut structure and written expression. Bukan
berarti Anda tidap perlu lagi belajar grammar, justru sebaliknya. Penguasaan
grammar akan sangat menentukan kelancaran Anda menyelesaikan perintah- perintah
dalam tes iBT.
Sesi reading (membaca) terdiri atas 3 hingga 5 bacaan yang masing-masing memuat
700 kata dan diikuti oleh beberapa pertanyaan berkaitan dengan bacaan tersebut.
Tema dari bacaan-bacaan tersebut bersifat akademik, yaitu tentang hal- hal yang
biasa terdapat dalam buku-buku kuliah. Selain itu, bacaan-bacaan tersebut juga
mengandung beberapa fungsi retoris, seperti sebab-akibat,
perbandingan-perlawanan, dan argumentasi (pendapat). Dalam sesi ini, peserta tes
akan ditanya mengenai ide utama, detil-detil bacaan, kesimpulan, informasi
penting, siratan (pernyataan sisipan), kosakata, tujuan retoris, ide secara
keseluruhan, dan yang terbaru adalah mengisi tabei atau melengkapi kesimpulan.
Anda dituntut untuk memiliki pemahaman bahasa Inggris tingkat mahir jika ingin mendapatkan nilai yang baik. Dengan kemampuan bahasa Inggris pas-pasan, Anda akan mengalami kesulitan untuk memahami bacaan yang panjang, dimana isinya berkaitan dengan ilmu pengetahuan akademik dalam bahasa Inggris. Diperlukan juga penguasaan pengetahuan umum yang baik untuk membantu mempermudah memahami bacaan berdasarkan konteks umum.
Info umum:
a.Anda akan menjumpai 3—5 teks bacaan pada sesi ini.
b.Masing-masing teks terdiri atas 700 kata (rata-rata).
c.Terdapat 12—14 pertanyaan di setiapteks bacaan.
d.Anda akan diberi waktu 60—100 menit untuk membaca dan rrienjawab.
Kemampuan yang diuji:
a.Baca teks bacaan secara sekilas untuk mendapatkan informasi penting (scanning).
b.Tingkat kemahiran membaca Anda.
c.Mengenali bagian dan tujuan dari bacaan.
d.Pemahaman ide pokok, poin-poin penting, fakta- fakta dan detil-detil penting, kosakata dalam konteks, serta acuan kata ganti.
Sesi
listening (mendengarkan) terdiri atas dua percakapan dan empat kuliah atau
diskusi akademik. Dalam percakapan akan terdengar ada dua pembicara, yaitu
seorang siswa dan seorang profesor atau seorang staf kampus. Sedangkan, dalam
kuliah atau diskusi akan terdengar pembahasan yang bersifat akademis. Dalam tes
ini, peserta hanya akan diperdengarkan materi percakapan dan diskusi sebanyak
satu kali. Masing- masing percakapan akan diikuti 5 pertanyaan dan masing-
masing diskusi diikuti 6 pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dimaksudkan
untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami ide utama, detil-detil informasi
penting, implikasi-implikasi, ide-ide yang saling berhubungan, kesatuan
informasi, tujuan pembicara, dan sikap pembicara.
Info umum:
a.Anda akan mendengar dua tipe bacaan: 4—6 kuliah dan 2—3 percakapan.
b.Kuliah-kuliah tersebut berlangsung selama 3—5 menit dengan diikuti 6 pertanyaan.
c.Percakapan-percakapan tersebut berlangsung selama 3 menit dengan disertai 5 pertanyaan.
d.Setiap sesi listening membutuhkan waktu 60—90 menit.
b.Kuliah-kuliah tersebut berlangsung selama 3—5 menit dengan diikuti 6 pertanyaan.
c.Percakapan-percakapan tersebut berlangsung selama 3 menit dengan disertai 5 pertanyaan.
d.Setiap sesi listening membutuhkan waktu 60—90 menit.
Kemampuan yang diuji:
a.Pemahaman ide pokok,
poin-poin penting, fakta-fakta dan detil-detil penting, kosakata dalam konteks
yang berkaitan dengan ide pokok.
b.Mengenali tutur pembicara atau apa tujuan
dari hal yang dibicarakan.
c.Menarikdan menggambarkan kesimpulan.
d.Mengenali perubahan-perubahan topik dalam pembicaraan.
Sesi
speaking (berbicara) terdiri atas 6 latihan, yaitu dua latihan bersifat
independen dan 4 latihan yang saling berkaitan. Dalam latihan independen,
peserta diminta memberikan pendapat tentang topik yang sedang hangat atau
familier. Pada tahap ini, kemampuan berbicara secara spontan peserta dievaluasi.
Selanjutnya dalam dua latihan yang saling berkaitan, peserta diminta untuk
membaca bacaan pendek, mendengarkan kuliah akademis atau percakapan tentang
kehidupan perkuliahan, dan menjawab pertanyaan dengan menggabungkan informasi
yang sesuai dengan bacaan atau percakapan tersebut. Kemudian dalam dua latihan
yang saling berkaitan selanjutnya, peserta diminta mendengarkan kuliah akademis
atau percakapan tentang kehidupan kampus dan memberikan respons terhadap
pertanyaan yang mereka dengar. Pada tahap ini, kemampuan peserta dalam
menyatukan informasi secara tepat dievaluasi. Peserta tes diperbolehkan membuat
catatan tentang apa yang mereka dengar atau baca dan menggunakan catatan
tersebut untuk membantu menjawab pertanyaan. Peserta juga akan diberikan sedikit
waktu jeda sebelum mereka memulai berbicara. Respons yang disampaikan peserta
akan direkam secara digital dan dikirim ke ETS's Online Scoring Network (OSN)
dan dievaluasi oleh tiga hingga enam ahli.
Info
umum:
a.Sesi ini berlangsung selama 20 menit.
b.Terdapat 6 tugas yang harus dilengkapi: 2 tugas indepen- den, dimana Anda
dapat menggunakan pengetahuan dan pengalaman Anda untuk memberikan tanggapan;
serta terdapat 4 tugas yang menuntut Anda harus meng¬gunakan berbagai kemampuan
yang dikombinasi untuk memberikan tanggapan, seperti reading dan
speaking.
Kemampuan yang diuji:
a.Mengumpulkan informasi secara verbal dari kuliah atau
percakapan.
b.Meringkas fakta-fakta secara verbal.
c.Membuat percakapan
di luar maupun di dalam kelas.
d.Mengekspresikan pendapat.
Sesi writing (menulis) mengukur kemampuan peserta tes
dalam hal menulis yang terdiri atas dua latihan. Latihan yang pertama berupa
latihan yang berkaitan dan yang kedua merupakan latihan independen. Dalam
latihan yang saling berkaitan, peserta membaca sebuah bacaan bertema akademis
dan kemudian mendengarkan sebuah diskusi yang memiliki tema yang sama. Peserta
akan menulis sebuah kesimpulan mengenai poin-poin penting dari apa yang didengar
dan menjelaskan hubungannya dengan apa yang ia baca. Sedangkan dalam latihan
independen, peserta harus menulis esai yang menyatakan, menjelaskan, dan
mendukung pendapat peserta tentang sebuah isu. Respons ini akan dikirim ke ETS
OSN dan dievaluasi oleh empat ahli.
Info umum:
a. Sesi ini berlangsung selama 50 menit.
b. Terdapat dua tugas writing yang berbeda untuk dilengkapi: 1 tugas independen dimana Anda menulis tentang pengalaman Anda sendiri, dan 1 tugas serupa namun Anda harus membaca atau mendengar terlebih dahulu kemudian baru menulis.
Kemampuan yang diuji:
a. Membuat catatan berdasarkan pada apa yang Anda dengar dan baca.
b. Menggunakan catatan tersebut untuk menghimpun informasi sebelum menulis.
c. Mengekspresikan pendapat-pendapat menjadi sebuah format tulisan.
d. Menghubungkan informasi yang dipelajari dengan pengalaman.
TesTOEFL iBT memberikan nilai
antara 0 hingga 120 poin. Masing-masing dari keempat sesi (reading, listening,
speaking, dan writing) memiliki nilai rata-rata dari 0 hingga 30 poin. Keempat
nilai tersebut digabung untuk menentukan nilai total atau keseluruhan.
Pada sesi speaking, tiap-tiap pertanyaan memiliki nilai antara 0 hingga 4, dan untuk writing bernilai 0 hingga 5. Nilai-nilai tersebut, kemudian diubah dengan skala nilai antara 0 hingga 30.
Sumber : Genius Toefl
a. Sesi ini berlangsung selama 50 menit.
b. Terdapat dua tugas writing yang berbeda untuk dilengkapi: 1 tugas independen dimana Anda menulis tentang pengalaman Anda sendiri, dan 1 tugas serupa namun Anda harus membaca atau mendengar terlebih dahulu kemudian baru menulis.
Kemampuan yang diuji:
a. Membuat catatan berdasarkan pada apa yang Anda dengar dan baca.
b. Menggunakan catatan tersebut untuk menghimpun informasi sebelum menulis.
c. Mengekspresikan pendapat-pendapat menjadi sebuah format tulisan.
d. Menghubungkan informasi yang dipelajari dengan pengalaman.
Internet-Based Test Score
Pada sesi speaking, tiap-tiap pertanyaan memiliki nilai antara 0 hingga 4, dan untuk writing bernilai 0 hingga 5. Nilai-nilai tersebut, kemudian diubah dengan skala nilai antara 0 hingga 30.
Sumber : Genius Toefl
1 komentar:
good